sharing is caring

Membuat Playdough dari Tepung Terigu

  


Yuk membuat Playdough sendiri!

Bermain merupakan cara alamiah anak-anak, merupakan aspek terpenting dalam kehidupan anak, cara efektif untuk menurunkan stress pada anak, penting untuk kebaikan perkembangan mental dan emosional sang anak.

salah satu mainan edukatif untuk menunjang kebutuhan tersebut, yang saat ini populer di kalangan anak-anak yakni “playdough”. 

Penggunaan playdough sebagai alat permainan bermanfaat dalam melatih keterampilan fisik dengan tangan ketika anak-anak memanipulasi playdough dengan jari mereka. 

Anak-anak dapat berlatih seperti mencubit atau meremas saat mereka bermain dengan playdough. melatih imajinasi serta kemampuan kognitif lainnya seperti imitasi dan pemecahan masalah yang membantu anak belajar lebih banyak tentang lingkungan saat ia meniru banyak bentuk benda sehari-hari dengan malam tersebut.

Proses memegang dan meremas adonan bermain dapat menghasilkan efek menenangkan pada si anak dan berguna untuk mengajarkan keterampilan manajemen kemarahan, dan agar mereka bisa lebih nyaman dalam mengekspresikan sesuatu. Dengan bermain playdough anak-anak juga akan belajar mengenal warna, mengembangkan kemampuan sosial serta gerak halusnya.


Playdough cenderung menggunakan bahan alami yang aman jika digunakan oleh anak, karena bahan dasarnya dari tepung. kita bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan dengan bahan yang murah meriah.

Yuk membuat playdough sendiri, nah! Aktivitas teman-teman kelas Sajojo pekan ini adalah membuat Playdough

 

Bahan-bahannya

·         Tepung terigu

·         Garam

·         Air

·         Pewarna makanan ( Cair; merah, kuning dan biru)

·         Minyak sayur

Cara membuatnya

Ada beberapa cara membuat playdough dengan mudah


1.      Masukkan 200 gram tepung terigu ke dalam wadah  dicampur dengan  100 gram garam bubuk.  Perbandingan tepung terigu dan garam adalam 2 : 1. Tepung terigu dan garam diaduk sampai tercampur rata


2.      Masukkan air kedalam gelas sekira 100 – 150 ml, tambahkan 1 sendok makan minyak sayur dan 3-5 tetes pewarna makanan, aduk sampai tercampur, air, minyak dan pewarna makanan


3.      Tuangkan air yang sudah diberi pewarna makanan dan minyak sayur  ke  dalam Campuran tepung terigu dan garam, kemudian diaduk dengan sendok perlahan-lahan,  sampai merata

4.      Uleni adaonan dengan tangan

Playdough siap dimainkan

Dengan Takaran Sendok makanan adalah sebagai berikut

2 sendok makan tepung terigu dicampur 1 Sendok makan garam (2:1)  tambah 1 sendok teh minyak sayur

Selamat Bersenang-senang!

 


Labels: Catatan Harian

Thanks for reading Membuat Playdough dari Tepung Terigu. Please share...!

0 Comment for "Membuat Playdough dari Tepung Terigu"

@artridwan | www.artridwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Back To Top