Blog Pak Ridwan

Learn From Home Ala Sekolah Alam Tangerang


LFH ala Sekolah Alam Tangerang

Oleh : Andri Fajria*

 

Masa pandemi mengharuskan setiap sekolah beradaptasi dengan cara belajar dari rumah. Sekolah yang berorientasi akademik seolah tidak ingin ada waktu terbuang dalam mengejar target capaian akademik saja. Mereka tetap menggunakan jadwal belajar sekolah sehari - hari dengan metode online. Tidak ada perubahan dalam materi belajar, sesuai dengan mata pelajaran sebelumnya di sekolah. Selain itu, selama 6 - 8 jam setiap hari siswa harus berada di depan gawai nya.

 

Bagaimana dengan  sekolah alam Tangerang (SAT) ?

Dalam masa LFH, SAT membuat kurikulum adaptif dan adjusted.

Adaptif artinya menyesuaikan bentuk dan materi kegiatan dengan lingkungan belajar untuk mencapai tujuan kurikulum yang telah ditetapkan.

Adjusted artinya menyediakan pilihan - pilihan yang memungkinkan anak dan orangtua berkegiatan sesuai dengan kondisi masing - masing.

Maka sekolah mewajibkan siswa untuk melakukan kegiatan harian seperti : ibadah shalat 5 waktu, berolahraga 30 menit, kemandirian (membersihkan kamar, mencuci pakaian, menyetrika, dll) sesuai tahapan usianya, kegiatan project, tahsin / tahfidz. dan maghrib mengaji. Kegiatan online dibatasi maksimal hanya 3 jam sehari. Bahkan untuk siswa TK dan SD-1 maksimal hanya 2 kali kegiatan online dalam sepekan.

Jumlah anak dalam setiap kelompok online dikurangi agar setiap anak lebih terperhatikan dan waktu menunggu giliran lebih singkat.

SAT juga menggeser waktu belajar, menjadi termasuk weekend (hari Sabtu dan Ahad), agar orangtua bisa lebih terlibat dalam kegiatan anak. Kegiatan pengembangan minat dan bakat (lintas kelas) juga diselenggarakan pada weekend. Dijadwalkan pula sessi sharing antar orangtua dan parents meeting. Jadilah hari libur SAT menjadi hari Senin dan Kamis.

 

Hari ini adalah adalah hari pertama pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di Sekolah Alam Tangerang. Hampir di semua kelas pagi ini orangtua mengirimkan foto dan video anaknya berolahraga... ada yang bersepeda, sit up, dan lain - lain. Di kelas online, jelas terpancar kerinduan di semua mata siswa yang sudah lama sekali tidak saling berjumpa. 

 

Semoga pembelajaran adaptif dan adjusted ini dapat mengoptimalkan pembelajaran di tengah keterbatasan.

 

Kami sejak lama meyakini bahwa BELAJARNYA MURID LEBIH PENTING DARIPADA MENGAJARNYA GURU.

 

Tangerang, 21 Juli 2020

 

*Andri Fajria

TK Tunas Robbani

Sekolah Alam Tangerang

SM Surau Merantau




Labels: Blog, Catatan Harian, Edukasi, Experiential Learning, Kelas 3, Sekolah Alam Tangerang

Thanks for reading Learn From Home Ala Sekolah Alam Tangerang. Please share...!

1 Comment for "Learn From Home Ala Sekolah Alam Tangerang"

@artridwan | www.artridwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Back To Top