Blog Pak Ridwan

Berkunjung Ke Museum Palagan Perjuangan 1945 Bojongkokosan Sukabumi


Museum Palagan Perjuangan 1945 Bojongkokosan berada pada jalur lintas Sukabumi - Bogor berlokasi di desa Bojongkokosan, kecamatan Parungkuda KM 26 dari Sukabumi. Museum ini didirikan tahun 1988 berkat kerjasama antara Pemda kabupaten Sukabumi dengan Dirjen Perlindungan Pembinaan Sejarah dan Kepurbakalaan Depdikbud Jabar, di atas lahan seluas 2, 5 hektar.

Museum ini merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah pada masa revolusi fisik tahun 1945, di mana pada saat itu tepatnya 9 desember 1945 para pemuda, pejuang dan segenap rakyat Sukabumi berupaya dengan sekuat tenaga mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia dengan mengadakan penghadangan dan penyerangan terhadap konvoi pasukan sekutu Inggris di desa Bojongkokosan.

Peristiwa tersebut di atas dikenal dengan peristiwa Bojongkokosan yang merupakan awal dari rangkaian pertempuran yang disusun oleh TKR pimpinan Letnan Kolonel Eddie Sukardi, yang kemudian menjadi rangkaian peristiwa yang kita kenal dengan perang konvoi sepanjang 81 km, mulai dari Cigombong (Bogor) samapai dengan Cianjur yang mengakibatkan banyak korban dari kedua belah pihak. Dalam peristiwa Bojongkokosan tercatat 73 orang gugur dari pejuang dan 50 dari pihak  sekutu termasuk seorang Brigadir Jenderal pimpinan konvoi.

Cara menuju lokasi dari pusat kota Sukabumi dengan kendaraan umum, naik kol Bogoran dan berhenti di depan museumnya, Lokasi museum berada di Jl. Raya Parungkuda, Siliwangi No. 75 kecamatan Parungkuda KM 26 Sukabumi Jawa Barat. tidak usah menyebrang. Sedangkan dari arah Jakarta atau Bogor naik kendaraan arah Sukabumi dan siap-siap setelah cicurug. Dengan  kendaraan pribadi bisa lebih leluasa dan beruntung jika tidak terjebak kemacetan di pasar Cicurug.  

Fasilitas yang ada di sekitaran museum; ruang diorama / display, perpustakaan, area camping ground, lahan parkir, toilet, warung, minimarket, rumah makan, serta sarana mushola sebagai tempat ibadah tersedia dan memadai.

Waktu buka : senin – kamis, pukul 08.00 – 16.00 WIB. Jumata pukul 08.00 -11.30 dengan harga tiket masuk (HTM) sukarela mulai dari Rp.2000,- sampai sebesar yang bisa dibeikan ya turut melestarikan juga lah hehehe.
Pengunjung dapat membawa makanan dan minuman sendiri, atau bisa makan dan minum di rumah makan di sekitar lokasi.

Ayo berkunjung ke Sukabumi dan Museum Bojongkokosan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.




Foto-foto lainnya bisa lihat di sini



Labels: Backpacker, Catatan Harian, Komunitas, Reportase, Soekaboemi Heritages, Sukabumi

Thanks for reading Berkunjung Ke Museum Palagan Perjuangan 1945 Bojongkokosan Sukabumi. Please share...!

1 Comment for "Berkunjung Ke Museum Palagan Perjuangan 1945 Bojongkokosan Sukabumi"

@artridwan | www.artridwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Back To Top