Blog Pak Ridwan

Selamat Hari Blogger Nasional 2014

@artridwan Kopdar ASEAN Blogger Workshop 6 - 7 Agustus 2011 di Jakarta

Selamat Hari Blogger Nasional 
Seneng banget ngucapin kata selamat ini, ucapan buat kawan-kawan  blogger juga buat saya sendiri.
Jika dihitung dari tanggal 27 Oktober tahun 2007, maka tahun 2014 ini kita memperingati Hari Blogger Nasional yang ke-7

Awal NgeBlog
Sebelum ngeblog, aktivitas saya di dunia maya biasa-biasa aja ( sampai sekarang juga biasa aja ding hahaha ) ngecek dan ngirim email, nyari gambar, download lagu dan chatting, nah yang terakhhir ini yang paling seru walau jaman dulu hanya chatting teks, sebut saja mIRC dan yahoo messenger sempat merajai dunia online tanah air, saya bisa berlama-lama chatting ngelayanin fans ciee.. hahaha  apalagi kalo pas ngabuburit :P setelah itu mulai deh kenal media sosial seperti friendster dan blog jauh muncul sebelum facebook dan twitter.
Seperti kebanyakan netter saat itu jika ada hal-hal baru di internet maka serta merta saya ikut-ikutan membuat akun, tujuan awalnya untuk memudahkan saya tersambung dengan kawan-kawan  di dunia maya.

Kapan mulai ngeblog ? tepatnya saya lupa kapan mulai ngeblog, tapi seingat saya sih tahun 2000an awal juga sudah kenal dengan makhluk yang bernama blog ini. Sebut saja saya pernah kenalan dengan blogdrive ( blog amat sangat pertama sekali buat saya) multiply (almarhum), blogsome, livejournal, dagdigdug, blogger, wordpress dan lain sebagainya. Dua terakhir yang saya sebut ramai diperbandingkan kelebihan dan kekurangannya, daripada berdebat lebih baik punya akun dua-duanya, betul gak ?

Oktober Tahun 2003 bisa jadi penanda saya mulai keranjingan Ngeblog dan jadi titik awal saya lebih aktif ngeblog saat itu juga saya sedang asyik-asyiknya suka menulis naskah drama dan catatn perjalan, catatannya bisa dilihat di sini.
2003 – 2014 hampir 11 tahun bro! apa saja yang sudah saya hasilkan dari NgeBlog? Ah biasa ajalah tetep banyak kok manfaat dari ngeblog, gak usah diceritain masing-masing blogger juga bisa merasakan.

Hari Blogger Nasional
Bagaimana sejarahnya sih tanggal 27 Oktober yang sekarang dikenal sebagai Hari Blogger Nasional?
Ceritanya yang cukup kumplit pernah disampaikan  bapak blogger kita Enda. Enda menulis dalam blognya
We do not remember days, we remember moments. The richness of life lies in memories we have forgotten. –Cesare Pavese

Bermula ketika tanggal 27 Oktober di tahun 2007, beberapa blogger Indonesia mencoba mengadakan Ajang ketemu, kopi darat, kopdar akbar blogger Indonesia dengan dukungan blogger-blogger Indonesia dan komunitas-komunitas blogger dari berbagai daerah. Tempat bagi blogger Indonesia unjuk gigi, karena walau blog sudah dikenal sejak tahun 2000-an awal, tapi belum pernah ada pertemuan nasional yang skalanya cukup besar. yang sekarang kita kenal sebagai Pesta Blogger.

Acara berlangsung di Blitz Grand Indonesia, dibuka oleh Pak Muhammad Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menkominfo dan dihadiri sekitar 500-an blogger,
Dan Pak Nuh pulalah yang berinisiatif menyatakan bahwa tanggal 27 Oktober kita sebut sebagai hari Blogger Nasional di sambutan beliau. Rasa terima kasih pada Pak Nuh, mengingat momen bukan hari, momen tersebut memang pantas kita ingat. Dan jadilah tanggal 27 Oktober Sebagai Hari Blogger Nasional.  Hari Blogger bukanlah (belum) hari resmi dari pemerintah, tapi ini ada bagusnya karena mengingatkan kita bahwa Blogger pun boleh punya hari sendiri, dan maknanya terserah pada kita-kita, diisi oleh kita sendiri. Hari blogger ada dan terus ada atau tidak pun terserah pada kita. Dan setelah itu banyak moment-moment blogger lainnya. Begitulah.

Balik lagi ke diri saya. Apa? Bagaimana dan apa tujuan saya ngeblog ?
Banyak blogger-blogger keren yang saya sukai karyanya, entah itu blog tulisan, foto blog, video blog dan lain-lain.  Ada blogger yang memang berniat untuk secara professional mencari penghasilan dari aktivitas bloggingnya, dan ada juga blogger yang ngeblog dengan niat untuk sharing atau membagi ilmu yang dimilikinya. Sah-sah saja memanfaatkan blognya sesuai kepentingannya.
Sampai saat ini saya lebih banyak untuk berbagi informasi di blog yang saya punya sambil sedikit demi sedikit belajar optimasi dan memonetize blog hehehe.. doain saya sukses dua-duanya ya?
SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL kawan-kawan!
@artridwan Kopdar Blogilicious 29 – 30 September 2012 di Tangerang

@artridwan Kopdar 1000 Blogger Nusantara 30 November – 01 Desember 2013 di Yogyakarta 



Labels: Blog, Catatan Harian, Ngeblog, Review, Teknologi Informasi

Thanks for reading Selamat Hari Blogger Nasional 2014. Please share...!

2 Comment for "Selamat Hari Blogger Nasional 2014"

Karena dengan ngeblog kita bisa menyalurkan segala yang ada di pikiran kita ya :)
Selamat Hari Blogger Nasional :)

Selamat Juga , Buat Kita semua Blogger :)

@artridwan | www.artridwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Back To Top